DPRD Kaltim Berikan Dukungan Terhadap Pembangunan Lanud VVIP di IKN Nusantara

Balikpapan,Lansir.Id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur menyatakan dukungan penuh terhadap rencana pembangunan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara serta pengembangan Lanud Dhomber di Balikpapan. Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Yusuf Mustafa, menegaskan hal ini dalam sambutannya pada acara penyambutan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra, yang berlangsung di Lanud Dhomber, Balikpapan, pada hari Rabu tanggal 20 Maret.

Yusuf Mustafa mengungkapkan bahwa keberadaan Lanud VVIP di IKN Nusantara adalah kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Selain itu, pengembangan Lanud Dhomber di Balikpapan dianggap sebagai langkah strategis yang akan mendukung fungsi IKN sebagai daerah penyangga dan memperkuat sistem pertahanan nasional.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama DPRD setempat berkomitmen untuk mendukung segala upaya pengembangan dan pembangunan Lanud ini, mengingat manfaat signifikan yang akan diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung,” kata Yusuf Mustafa.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa DPRD Kaltim terbuka untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam segala aspek yang diperlukan untuk mendukung integritas NKRI dan menjaga stabilitas keamanan di wilayah tersebut.

Dalam kunjungannya, Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra menjelaskan bahwa tujuan utamanya adalah untuk meninjau langsung progres pembangunan Lanud TNI AU di IKN Nusantara dan pengembangan Lanud Dhomber. “Kami ingin memastikan bahwa Lanud TNI siap mendukung pelaksanaan kegiatan nasional, khususnya peringatan 17 Agustus, termasuk kesiapan personel, alat utama sistem persenjataan (alutsista), pendukung, serta infrastruktur Lanud,” tuturnya.

Marsekal Madya TNI Andyawan juga menekankan pentingnya kerja sama dengan Kementerian Pertahanan dan kementerian lainnya yang terkait dengan TNI Angkatan Udara dalam proses pembangunan ini.(Adv/DprdKaltim)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INFOGRAFIS

Advertismentspot_img

TERPOPULER