Jalan Dondang Harus Segera Diperbaiki, DPRD Kaltim Desak Perusahaan Bertanggung Jawab

Samarinda,Lansir.Id -Jalan Sangasanga – Dondang (Sta. 10+400 – 10+600) di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, yang merupakan jalan provinsi, mengalami kerusakan parah akibat aktivitas yang diduga dilakukan oleh Perusahaan Batu Bara CV Prima Mandiri. Hal ini menimbulkan keluhan dari masyarakat, khususnya para petani yang membutuhkan jalan yang baik untuk mengangkut hasil pertanian mereka.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun mendesak perusahaan tersebut untuk segera menyelesaikan perbaikan jalan tersebut. Ia mengatakan bahwa infrastruktur jalan Dondang sangat penting untuk kelancaran distribusi hasil pertanian.

“Perusahaan yang beroperasi di sana harus bertanggung jawab atas kerusakan jalan yang mereka sebabkan,” kata Samsun di Samarinda, Senin.

Samsun menambahkan bahwa pihaknya akan terus mengawasi dan mengevaluasi kinerja perusahaan tersebut. Jika mereka tidak memenuhi janjinya, maka DPRD Kaltim bersama pemerintah provinsi akan mengambil langkah hukum.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Ujang Rahmad mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah menyepakati untuk melakukan perbaikan kerusakan jalan tersebut dalam waktu empat bulan ke depan.

“Ada sembilan poin kesepakatan dari pertemuan dengan perusahaan dengan Pemprov Kaltim,” ujar Ujang.

Salah satu poin kesepakatan tersebut adalah perusahaan akan melakukan survei, membuat kajian teknis dan desain konstruksi jalan dalam waktu satu bulan dan menyerahkan ke Dinas PUPR Pera Kaltim untuk dievaluasi.

Samsun berharap perbaikan jalan Dondang dapat segera diselesaikan agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Ia juga berharap adanya sinergi antara pemerintah, DPRD, perusahaan dan masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan.

“Kami berharap perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut dapat menjaga lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutupnya. (Adv/DprdKaltim)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INFOGRAFIS

Advertismentspot_img

TERPOPULER